Harga bahan pokok rempah alami kenaikan hingga enam kali lipat

Cakra.TV, Kota Metro – Dampak covid 19 yang mulai masuk di Provinsi Lampung membuat sejumlah harga mengalami kenaikan. Seperti harga rempah-rempah pembuatan jamu tradisional di sejumlah pasar Kota Metro.

Kenaikan disebabkan, permintaan bahan pembuat jamu meningkat mencapai dua kali lipat yang tidak diimbangi dengan minimnya tersediaan bahan rempah yang menjadi bahan baku utama pembuatan jamu, langka di pasaran.

Hal inilah yang terjadi di Pasar Kopindo Kota Metro, sejumlah bahan bahan pokok rempah naik cukup tinggi. Seperti jahe merah, dari harga semula 60 ribu rupiah, kini menjadi 80 ribu rupiah, rempah kapulaga, mulai dari 60 ribu naik menjadi 400 ribu perkilo, naik enam kali lipat. Hal tersebut disebabkan sulitnya ketersediaan rempah tersebut yang tidak diimbangi permintaan konsumen dipasaran.

Walaupun mengalami kenaikan harga jual sejak sepekan terahir, membuat omset pedagang rempah di Pasar Kopindo naik dua kali lipat dari bulan lalu.

Menurut Yati, salah satu pedangang rempah di Pasar Kopindo Kota Metro menjelaskan, terjadi peningkatan pembelian rempah-rempah sejak sepekan terakhir, bukan hanya oleh produsen jamu tradisional, melainkan oleh masyarakat umum.

Permintaan juga meningkat, sementara pasokan dari pedagang tidak ada penambahan hingga berpengaruh pada harga di pasaran.

Liputan Habib, koresponden CakraTV

Tinggalkan Komentar Anda

scroll to top