Warga Tejo Agung gotong royong bersihkan TPU

warga-tejo-agung-gotong-royong-140221.jpg

Cakra.TV, Kota Metro – Masyarakat Tejo Agung kecamatan Metro Timur melakukan giat gotong royong memasang lampu dan bersih-bersih di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tejo Agung, Minggu (14/02/2021).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kaum rukun kematian kelurahan Tejo Agung Sujito. Hadir dalam kegiatan tersebut ketua LPM kelurahan Tejo Agung sulasno, Babinsa Metro Timur Amry, Bhabinkamtibmas Metro Timur Fajry, serta para pemuda khususnya RT 09 dan RT 08.

Sujito mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin rukun kematian kelurahan Tejo Agung yang bertujuan untuk menghidupkan tradisi bangsa Indonesia yaitu gotong royong.

“Kegiatan gotong royong ini merupakan budaya dan tradisi Negara kita mas, yang sudah memudar dihati masyarakat. Oleh karena itu dengan kegiatan ini selain ada manfaat pemakaman umum kita jadi bersih dan terang, juga untuk melestarikan budaya gotong royong,” ujarnya.

Selain itu tujuan utama pemasangan Lampu penerangan TPU Tejo Agung ini untuk mengantisipsi kalau ada warga yang meninggal dan proses pemakaman harus dilakukan pada malam hari.

“Beberapa hari yang lalu ada warga kita yang meninggal dan proses pemakaman dilakukan malam hari itu juga kita agak kerepotan karena penerangannya belum mencukupi,” jelas Sujito.

Ia menambahkan, kegiatan yang dlaksanakan fokus pada pemasangan lampu di tengah makam yang selama ini memang belum ada. Dana yang pakai merupakan bantuan dari masyarakat yang iklas membantu tanpa ada paksaan.

“Hari ini kita masang lampu makam dan membersihkan lokasi makam, lampu penerangan makam sementara kita pasang satu titik yang isinya empat lampu tembak. Dananya bersumber dari sumbangan masyarakat yang ikhlas membantu tanpa ada paksaan. Karena dulu pernah mengajukan pemasangan lampu makam ke Pemkot Metro namun sampai sekarang belum terealisasi,” imbuhnya.

Sujito berharap kegiatan gotong royong ini terus dapat dilestarikan agar tetap menjaga kelestarian dan budaya. “Insya Allah untuk pemasangan lampu penerangan di pemakaman umum Tejo Agung ini akan kita tambah lagi tapi menunggu ada dana lagi mas,” pungkasnya.

Liputan Suparman, kontributor Cakra.TV

Tinggalkan Komentar Anda

scroll to top