Video Harga Bawang Putih di Pasar Tradisional capai Rp50 Ribu per kg

Cakra.TV, Lampung Barat – Sejak seminggu terakhir harga bawang putih di Lampung Barat mengalami kenaikan, salah satunya Pasar Tradisional Pekon Sebelat Kecamatan Sukau, Senin (10/02/2020).

Harga bawang putih saat ini mencapai 50 ribu rupiah per kilo gram dari harga normal 30 ribu rupiah per kilo gram. Hal ini dipicu pasokan bawang putih dari cina atau impor bawang mulai distop oleh pemerintah pusat akibat virus corona.

Kenaikan harga komoditas bawang putih dikeluhkan oleh masyarakat, sebab bumbu dapur yang satu ini menjadi kebutuhan pokok dalam memasak.

Sumiyati, salah satu pembeli bawang menyampaikan keluhan terhadap tingginya harga bawang putih saat ini. Harga 50 ribu per kilo sangat membebani masyarakat yang hendak membeli kebutuhan dapur. Ia berharap pemerintah segera menstabilkan harga bawang.

Menurut Sayuti, pasokan yang minim akibat impor bawang distop pemerintah membuat harga bawang semakin naik. Ia juga mengeluhkan saat ini omset pendapatan menurun drastis akibat minat masyarakat melemah ditengah tingginya harga bawang putih.

Menanggapi hal ini, Pemerintah Daerah Lampung barat melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan membenarkan ada kenaikan harga bawang putih diseluruh pasar di Kabupaten Lambar akibat terbatasnya pasokan. Saat ini dinas terkait terus memantau dan mencari informasi terkait tersendatnya pasokan bawang putih di Lampung Barat.

Liputan Angga, koresponden CakraTV

Tinggalkan Komentar Anda

scroll to top