Pemkab Lampung Barat Ditargetkan Menjadi Kabupaten Layak Anak di Tahun 2020

Cakra.TV, Lampung Barat – Bupati Parosil Mabsus, didampingi Kepala Dinas Perlindungan Anak Provinsi Lampung, Theresia Sormin, resmi mendeklarasikan Kabupaten Lampung Barat menuju kabupaten layak anak, Senin 28 Oktober 2019.

Acara yang di gelar di GOR Ajisaka kawasan sekuting terpadu ini, ditandai dengan pelepasan balon ke udara secara bersama.

Pencanangan KLA tersebut merupakan dorongan untuk setiap wilayah kabupaten atau kota demi tercapainya target roadmap mewujudkan Indonesia Layak Anak (IDOLA) tahun 2030, dan tingkat Provinsi Layak Anak (PROVILA) di tahun 2020.

Dalam upaya perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak, pemkab setempat juga mengadakan gerakan samara, yakni kewajiban setiap aparatur sipil negara ( asn ) untuk membawa satu mainan ramah anak. Gerakan ini digelar sebagai simbol kabupaten layak anak.

Selain gerakan samara, digelar juga drama yang bertemakan perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak. Drama tersebut sekaligus dimaksudkan untuk tidak melakukan kekerasan terhadap anak.

Penyelenggaraan kabupaten layak anak oleh pemerintah daerah, dimaksudkan untuk menjamin terpenuhinya hak anak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang dan ikut berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat martabat kemanusiaannya, serta mendapat perlindungan dari kekerasan, diskriminasi, exploitasi dan perdagangan manusia.

Tujuan diselenggarakan kegiatan ini yakni untuk membangun komitmen antar pimpinan daerah demi terwujudnya kabupaten lampung barat sebagai kabupaten layak anak.

Dalam hal ini pemerintah propinsi lampung akan berkomitmen dan bersinergi dengan pemda untuk mewujudkan kla. Pemprov juga segera menurunkan tim fasilitator untuk meninjau dalam rangka kabur layak anak.

Liputan Angga Tejo, koresponden CakraTV

Tinggalkan Komentar Anda

scroll to top