Penyempitan Irigasi di Jalan Gunung Lawu Kota Metro Menjadi Pemicu Banjir

IMG-20200101-WA0036.jpg

CAKRA.TV , METRO – Pasca banjir akibat hujan deras di malam pergantian tahun 2020, masyarakat korban banjir setempat keluhkan penyempitan aliran irigasi yang disebabkan adanya bangunan Taman pendidikan yang berlokasi di jalan Gunung Lawu Rt.28 Rw.008 kelurahan Yosorejo Metro Timur.

Salah satu warga yang tinggal di lokasi tersebut Nurhayun (55) mengatakan saat hujan turun aliran air tidak lancar akibat penyempitan saluran irigasi.

“Saya tinggal disini sudah sejak tahun 80 dan belum pernah ada banjir di lokasi ini, tapi semenjak dibangun taman edukasi ini saluran irigasinya jadi menyempit,”ujarnya

Ia juga mengatakan dalam pembangunan taman edukasi yang memakan sebagian saluran irigasi ini tidak dilakukan musyawarah kepada lingkungan sekitar.

“Dulu lebar saluran air ini hampir 2 meter, sekarang menyempit jadi satu meter, dalam pembangunannya pun kami sebagai warga tidak ada yang dilibatkan serta tidak ada musyawarah dengan warga sekitar, apalagi di bagian atas irigasi diberi pembatas sehingga apabila debit air naik sulit mengalir,”imbuhnya.

Kami berharap pihaknya dapat bertanggung jawab dan dapat memberikan solusi apabila terjadi banjir saat musim hujan, karena dalam kejadian banjir di malam pergantian tahun banyak masyarakat sekitar yang mengalami kerugian akibat harta benda yang tergenang air.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi dari pihak Taman edukasi,dikarenakan kantor management libur tahun baru 2020.

Liputan Habin Reporter Cakra

Tinggalkan Komentar Anda

scroll to top