Pembuatan IPAL komunal,Warga kecamatan Tanjung Karang barat beri apresiasi

Cakra.tv-ipal-38.jpg

Bandar lampung (Cakra.TV) – Pembuatan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal di RT.07 lingkungan 1 Kelurahan susunan baru kecamatan tanjung karang barat (tkb) kota bandar lampung hampir rampung. Saat ini proses pengerjaan sudah mencapai 80 persen. Usai penutupan lubang utama, akan dilanjutkan pemasangan instalasi ke saluran rumah warga.

“Hingga saat ini 80 persen. Pekerjaan pembuatan saluran ke rumah tangga atau saluran resipien (SR) dikerjakan” ucap SUWARNI ketua LKM “jumat (18/10/3019).

SUWARNI mengatakan adapun tujuan pembuatan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) tersebut bertujuan guna menciptakan lingkungan dan sanitasi yang sehat serta mencegah pencemaran air bawah tanah dari limbah rumah tangga (air cucian kamar mandi) maupun limbah kotoran manusia yang diharapkan dikelola dalam satu unit IPAL Komunal. Dan Diharapkan dengan adanya IPAL, kebersihan lingkungan dan kesehatan warga akan meningkat.pungkasnya.

Turidi (46) salah satu warga RT 07 mengungkapkan dirinya dan warga merespon positif terkait adanya IPAL komunal di permukimannya. “Saya dan warga sangat berterimkasih kepada pemerintah karna dengan adanya ipal ini lingkungan jadi bersih dari air limbah rumah tangga yg sebelumnya selalu menggenang dari saluran pembuangan warga ” tandasnya.

Pembangunan IPAL tersebut merupakan program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI. Untuk pembangunan IPAL ini dianggarkan dana sebesar Rp 425 juta.

Liputan candra Reporter Cakra

Tinggalkan Komentar Anda

scroll to top