Ratusan rumah di Lampung Selatan terendam banjir rob

Cakra.TV, Lampung Selatan – Sudah sejak sepekan ini, ratusan rumah di desa Bandar Agung, Kecamatan Sragi, Lampung Selatan, terendam banjir rob. Buruknya sistem drainase serta tingginya pasang air laut, diduga menjadi penyebab utama banjir selalu terjadi di pemukiman yang padat penduduk ini.

Ketinggian air yang berkisar antara 50 sampai 80 cm, membuat warga harus memindahkan barang – barang berharga milik mereka ke tempat yang lebih tinggi. Peristiwa yang selalu terjadi pada malam hari, membuat warga kesusahan untuk beristirahat. Kondisi ini, membuat warga rentan terserang berbagai macam penyakit lantaran kurang beristirahat dan selalu bersentuhan dengan air yang kotor.

Untuk mengisi waktu luang, warga secara bergiliran memantau kondisi lingkungan agar tidak ada binatang buas seperti buaya dan ular yang masuk kedalam pemukiman warga, sedangkan para lansia, balita dan anak – anak, hanya bisa duduk di tempat yang lebih tinggi sembari menunggu air surut.

Meski kejadian ini sudah terjadi sejak sepekan terakhir, namun sayangnya hingga saat ini belum ada satupun bantuan pemerintah yang di turunkan untuk warga. Warga berharap, agar pemerintah segera turun tangan memberikan bantuan kepada mereka dan segera melakukan normalisasi sungai, sehingga saat air laut pasang, rumah mereka tidak terendam banjir lagi.

Tak hanya merendam rumah, banjir juga merendam hewan ternak milik warga, akibatnya, banyak binatang ternak yang mati akibat terserang berbagai macam penyakit.

Liputan Susilo, koresponden CakraTV

Tinggalkan Komentar Anda

scroll to top