Ngeri! Limbah Medis Berserakan di Tempat Pembuangan Sampah Kota Metro

IMG-20191018-WA0030.jpg

Metro (Cakra.TV) – Wali kota metro,Wakil wali kota metro beserta instanti terkait, meninjau gunungan sampah di tempat pembuangan akhir karang rejo Metro utara.jumat (18/10).

Dari hasil tinjauan,Selain sampah plastik,Limbah medis alat-alat kesehatan yang tergolong bahan berbahaya dan beracun (B3) berserakan di tempat pembuangan akhir.

Sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Karangrejo mencapai 52 ton per harinya, tentu saja hal ini menjadi hal yang serius untuk di tangani terutama sampah plastik dan limbah alkes.

Sebagian besar sampah di Kota Metro tersebut disumbang dari Limbah Medis ,rumah tangga, pasar tradisional, pertokoan, perkantoran, dan aktifitas warga kota lainnya.

untuk itu pemerintah kota metro menghimbau seluruh ASN dapat mengurangi penggunaan plastik.

Wali Kota Metro Achmad pairin akan segera mengeluakan surat edaran terkait masalah sampah plastik dan limbah alkes.

“Setiap acara baik yang di selenggarakan dinas atau masyarakat umum untuk dapat mengurangi atau tidak sama sekali menggunakan makanan atau minuman yang berbahan plastik. secepatnya kita akan membuat surat edaran tentang penggurangan plastik,”imbuhnya.

Wakil Wali Kota Ketro Djohan juga menegaskan kepada dinas terkait untuk lebih ekstra pengawasan pengolahan sampah berbahaya terutama sampah medis.

“Untuk gunungan sampah ini kita akan serius mengatasi permasalahan terutama sampah berbahaya berupa limbah medis karena sangat berdampak negatif kepada kesehatan warga,”katanya.

Maka dari itu, ia menegaskan tidak boleh ada lagi sampah limbah B3 di TPA karangrejo.

“Sudah ada turannya sendiri karena B3 ditempatkan pada pengolaan khusus.”ujarnya.

Djohan menghimbau kepada dinas terkait untuk menyiapkan tempat khusus terutama limbah berbahaya dan segera keluarkan surat kepada balai kesehatan dan klinik berikut jajaran di bawahnya untuk menyiapkan temapat khusus limbah berbahaya ,agar tidak berserakan lagi di tempat pembuangan sampah umum.

Liputan Habib Reporter Cakra

Tinggalkan Komentar Anda

scroll to top