Kota Metro Deklarasikan Open Defecation Free

IMG-20191116-WA0022.jpg

Metro(Cakra.tv) – Kota Metro Deklarasikan Open Defecation Free (ODF) dan berhasil menyelesaikan persoalan prilaku buang air besar sembarangan.

Kota yang terkenal dengan julukan bumi sai waway ini menjadi yang pertama di sumatra 100 % telah mengakses sarana jamban yang layak. Dan dinyatakan lolos verifikasi ODF oleh Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.

Dalam hal ini Dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO, Direktur Kesehatan Lingkugan, pada Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan ini adalah pencapain yang luar biasa terhadap Kota Metro.

“Saya mengapresiasi pencapaian yang luar biasa kepada kota metro, menjadi yang pertama di sumatra lolos verifikasi,”paparnya.

Namun Direktur kesehatan Lingkungan juga menjelaskan bahwa BPS mendata Lampung masih ada 20,02% warga masih membuang tinja secara sembarangan.

“Badan Pusat Statistik (BPS) merilis Lampung Dalam Angka 2019, menyebutkan prosentase rumah tangga di Provinsi Lampung yang mengakses sanitasi layak mencapai 79,98% dari 8.370.485 penduduk Lampung. Dari data tersebut menunjukan masih ada 20,02 % atau sekitar 1.675.771 warga Lampung masih membuang tinjanya secara sembarangan atau Open Defecation.

BPS Provinsi Lampung juga menyebutkan 5 kabupaten dengan akses sanitasi terendah yaitu Kabupaten Pesisir Barat (64,86%), Lampung Barat (68,48%), Tulang Bawang Barat (57,86%), Tanggamus (69,42%), dan Tulang Bawang Barat (71,55%),”jelasnya.

Wali Kota Metro Achmad Pairin menjelaskan, ini adalah bukti kesadaran masyarakat Metro yang sadar akan kesehatan.

“Sebelumnya saya berterimakasih kepada semua instansi yang telah mendukung program pemerintah terutama dari dinas kesehatan yang berupaya keras membangun kesadaran masyarakat untuk hidup sehat,”ujarnya.

Pairin juga akan membuat program yang Keluarga Bebas Narkoba (KBN) yang akan memeriksa masyarakat secara langsung di mulai dari pemerintah atau ASN.

Wali Kota Metro Berharap apa yang sudah dicapai Kota Metro ini dapat terus dipertahankan dan terus lebih baik lagi juga bertahan dikepemimpinan setelahnya kedepannya.

Liputan Habib Reporter Cakra

Tinggalkan Komentar Anda

scroll to top