Korban Tsunami Selat Sunda Akan Direlokasi ke Daerah Lebih Aman

Cakra.tv, Lampung Selatan – Pasca terjadinya tsunami Selat Sunda yang melanda wilayah Lampung, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Lampung Selatan, pada Rabu 2 Januari 2019.

Presiden meninjau langsung lokasi terparah akibat tsunami Selat Sunda, di Lampung Selatan, yakni Desa Kunjir dan Way Muli. Pembangunan kembali perumahan warga yang rusak, akibat di terjang tsunami 22 desember lalu akan menjadi prioritas utama.

Pemkab lampung selatan diminta agar melakukan tata ruang ulang, di sepanjang pesisir pantai kalianda, lampung selatan. Lokasi yang saat ini di huni masyarakat, dinilai terlalu dekat dengan bibir pantai. Sehingga rentan terkena bencana tsunami, dan pasang air rob.

Jokowi meng-instruksikan pembangunan ulang pemukiman warga, harus berlokasi jauh dari bibir pantai. Khususnya dari pantai yang langsung menghadap dengan gunung anak krakatau, yang saat ini sedang sangat aktif.

Pemukiman yang akan dibangun ulang oleh pemerintah, rencananya akan diberikan secara gratis, kepada warga yang mau direlokasi ke daerah yang lebih aman.

Meski ada warga yang menolak untuk direlokasi, presiden meminta kesadaran masyarakat, agar mau di relokasi. Karena wacana ini, bukan hanya untuk lima atau sepuluh tahun mendatang, melainkan untuk tiga puluh ataupun seratus tahun mendatang.

Liputan Widodo, koresponden CakraTV

Tinggalkan Komentar Anda

scroll to top