Polres Lampung Tengah siap menerima laporan Kecurangan Pilkakam 2019

IMG-20191009-WA0011.jpg

KOTAGAJAH (CAKRA.TV) – Polres Lampung Tengah persilahkan para pendukung calon kepala kampung (Calon Kakam) laporkan hasil kecurangan pada proses pemilihan kepala kampung (Pilkakam), November 2019 mendatang.

Pernyataan itu disampaikan Kapolres AKBP I Made Rasma, di selah deklarasi damai calon Kakam dua kecamatan yakni Kotagajah dan Punggur, di Kantor Kecamatan Kotagajah, Rabu (9/10/2019).

“Khusus Money Politic (politik uang). Tim sukses (calon kakam) silahkan melaporkan kepada kepolisian. Setelah dilaporkan polisian yg akan menangani,” kata Kapolres AKBP I Made Rasma.

Kapolres melanjutkan, untuk pelaporan kecurangan Money Politic, para pelapor harus didukung dengan bukti dan fakta, dan tidak boleh berdasarkan asumsi atau kabar yang tidak jelas.

“Kalau hanya berdasarkan asumsi atau kabar yang tak jelas, nanti pelapor yang justru bisa terkena pasal penghasutan (pencemaran nama baik),” lanjut AKBP I Made Rasma.

Tak hanya itu, Kapolres juga menyampaikan, untuk para calon kepala kampung, supaya selektif dalam memilih atau menunjuk para tim sukses. Tim sukses lanjut Made Rasma, merupakan salah faktor berjalan baik atau tidaknya penyelenggaraan Pilkakam serentak.

“Calon Kakam harus selektif dalam memilih tim sukses. Mereka harus bisa merangkul, tidak saling menghasut, dan harus bisa menenangkan situasi dan tidak mengajak pada permusuhan,” imbunya.

Camat Kotagajah, Muliwan dalam sambutannya mengatakan, panitia di tingkat kampung dan kecamatan harus netral dalam proses Pilkakam. Menurut Muliwan, jika indikasi kecurangan datang dari panitia maka dampaknya proses pemilihan Kakam tak berjalan lancar.

“Panitia dari tingkat kampung, kecamatan atau kabupaten harus bersikap netral. Kami dari kecamatan akan bersikap yang terbaik untuk penyelenggaraan Pilkakam, khususnya di Kotagajah,” kata Muliwan.

Liputan Mujahid Reporter Cakra

Tinggalkan Komentar Anda

scroll to top