Harga Komoditas Merosot Tajam, Petani Lada Hitam Kian Merugi

Cakra.TV, Lampung Timur – Kabupaten Lampung Timur merupakan salah satu sentra komoditas lada hitam. Persebarannya terdapat hampir di seluruh wilayah, seperti Kecamatan Margatiga, Sukadana, Jabung, Way Jepara, dan kecamatan lainnya.

Dari data Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Lampung Timur menyebutkan, realisasi produksi komoditas lada dalam 3 tahun terakhir mengalami penurunan.

Di sejumlah wilayah Lampung Timur saat ini sedang berlangsung panen lada hitam. Menurut para petani produktivitasnya lebih banyak jika dibandingkan tahun lalu.

Sayangnya hasil panen yang melimpah tidak sebanding dengan harga yang diterima para pekebun rempah-rempah komoditas ekspor ini.

Edison Petani Lada di Desa Pakuan Aji mengatakan, idealnya harga lada yang layak berkisar Rp80 sampai RP100 ribu. Sehingga pekebun mendapat modalnya kembali dan merasakan untung.

Petani lada berharap pemerintah menaikan harga lada agar meningkatkan kesejahteraan para petani. Sehingga mereka bergairah kembali membudidayakan komoditas ekspor ini.

Liputan Putra, koresponden CakraTV

Tinggalkan Komentar Anda

scroll to top