Capai 15 Ribu Penari, Kota Bandar Lampung Pecahkan Rekor MURI Rudat Lampung

15ribu-penari-rudat-lampung-290719.jpg

Cakra.TV, Bandar Lampung – Setelah mencatatkan namanya di Museum Rekor Indonesia (MURI), dari kategori melukis mural oleh pelajar terbanyak, yaitu 1.500 pelajar secara serentak di delapan flyover yang ada di Kota Tapis Berseri.

Kali ini kota Bandar Lampung kembali mencatatkan namanya di Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk menari tradisional, Rudat dengan jumlah peserta sebanyak 15.000 penari di bundaran Adipura Bandar Lampung, Minggu (28/07/2019).

Wali kota Bandar Lampung Herman HN mengatakan, “rekor MURI ini dipersembahkan untuk masyarakat Bandar Lampung dalam rangka ulang tahun kota Bandar Lampung”.

Ada pun Pemecahan rekor Muri ini melibatkan peserta sekitar 15 ribu yang terdiri dari anak-anak tingkat Paud, SD, SMP, dan kelurahan atau Kecamatan.

Sementara Ketua Penggerak PKK kota Bandar Lampung Eva Dwiana mengatakan rudat Lampung dipilih karena sudah hampir punah dan untuk memperkenalkan khusu nya anak-anak muda yang belum mengetahui adanya rudat sebagai salah satu kesenian Lampung.

“Rudat ini tradisi dari Lampung untuk menyambut pengantin, mudah-mudahan ini tidak pernah punah, dan ini adalah hasil karya Bandar Lampung yang harus kita jaga,” pungkasnya.

Perlu diketahui Rudat merupakan perpaduan Seni Tari dan Seni Suara. Tarian Rudat biasanya disajikan dalam acara Adat Lampung. Para penari menggunakan seragam/Pakaian Adat Lampung.

Sambil menari, mereka melantunkan syair-syair, diiringi oleh tabuhan Rebana, yang disesuiakan dengan syairnya. Biasanya selain Rudat, dalam suatu rombongan arak-arakan, ada juga yang menyuguhkan Pencak Silat, dan Tuping.

Liputan Syafran, reporter CakraTV

Tinggalkan Komentar Anda

scroll to top